Bagaimana Non-Farm Payrolls Pengaruhi Pasar Keuangan?

Bagaimana Non-Farm Payrolls Pengaruhi Pasar Keuangan?

Diperbarui • 2023-07-06

Data Nonfarm Payrolls AS (NFP) akan kembali menjadi fokus para pelaku pasar. Laporan yang dirilis bulanan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS ini selalu memberikan dampak signifikan terhadap pasar di tengah kondisi yang saat ini dapat dikatakan anomali. Data NFP ini selalu menjadi salah satu laporan yang sangat dinantikan dan dipantau oleh peserta pasar, termasuk para trader, investor, dan pembuat kebijakan, yang memberikan informasi dan menjelaskan kondisi pasar tenaga kerja dan ekonomi secara keseluruhan.

Di tengah penantian pasar pada sikap Federal Reserve terkait masih tingginya angka inflasi di negeri paman Sam, tak ayal data ini sangat memengaruhi kebijakan bank sentral AS itu dan berimbas pada kondisi, bukan hanya pasar keuangan tapi juga ekonomi secara makro.

Federal Reserve dalam mengambil sikap kebijakan moneternya selalu mengandalkan data ekonomi yang memiliki dampak langsung terhadap ekonomi. selain data inflasi konsumen serta produsen dan data Indeks Harga Inti PCE, the Fed juga menggunakan data ini sebagai panduan kebijakannya, terutama suku bunga. Data ketenagakerjaan yang kuat dapat meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga. Sebaliknya, data yang lemah dapat mengarah pada sikap kebijakan moneter yang lebih akomodatif.

Dampak berikutnya adalah pasar obligasi. Jika data NFP menunjukkan pasar tenaga kerja yang sehat, maka akan menyebabkan harapan akan inflasi yang lebih tinggi yang diikuti dengan potensi kenaikan suku bunga. Kenaikan suku bunga ini menghasilkan kenaikan imbal hasil (yield) obligasi dan penurunan harga obligasi.

Selanjutnya, rilis data NFP menyebabkan volatilitas di pasar valuta asing (forex). Hasil aktual yang positif yang membawa kenaikan yield obligasi atas kenaikan suku bunga ini akan memengaruhi nilai tukar dolar AS terhadap mata uang mayoritas. Data yang kuat dapat menguatkan dolar AS karena mengimplikasikan perekonomian yang lebih kuat, sementara data yang lemah dapat melemahkan nilai tukar mata uang tersebut.

Secara keseluruhan, data NFP ini merupakan indikator ekonomi utama yang memberikan informasi penting tentang pasar tenaga kerja dan dapat menyebabkan dampak signifikan pada berbagai pasar keuangan. Para trader dan investor mempelajari dengan cermat rilis data ini untuk membuat keputusan yang terinformasi dalam strategi perdagangan dan investasi mereka.

Dengan kata lain, menguatnya dolar AS, akan membuat perdagangan mata uang AS tersebut terhadap mata uang lainnya, khususnya terhadap mata uang utama, atau major currency, mencatat kenaikan. Kenaikan dolar AS ini juga akan memengaruhi perdagangan komoditi berdenominasi dolar AS, seperti emas, minyak mentah dan komoditas lainnya. Sehingga akan memengaruhi makro ekonomi AS.

Analisa Teknikal EURUSD

EURUSDH2.png

Menyerupai

USDCAD Tembus 1,3360 Menjelang Data Tenaga Kerja Kanada Dan AS
USDCAD Tembus 1,3360 Menjelang Data Tenaga Kerja Kanada Dan AS

USDCAD kembali mencatat kenaikan di perdagangan akhir pekan ini, Jumat (05/01/2024), melanjutkan kenaikan saat memasuki perdagangan sesi Eropa kemarin. Namun, membaiknya harga minyak mentah dunia dapat memberikan dukungan penguatan kepada dolar Kanada dan berpotensi menghambat kenaikan USDCAD.

EURUSD Kembali Turun Ke Bawah 1,0800 Menjelang Data NFP AS
EURUSD Kembali Turun Ke Bawah 1,0800 Menjelang Data NFP AS

EURUSD kembali melemah sejak pembukaan perdagangan akhir pekan ini, Jumat (08/12/2023), terus mengikis kenaikan yang diperoleh karena investor menantikan rincian data ketenagakerjaan bulanan AS. Anggota dewan ECB, Isabel Schnabel, pada awal pekan ini mengatakan bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut

Bagaimana Data Tenaga Kerja AS Pengaruhi Dolar AS Dan Pasar?
Bagaimana Data Tenaga Kerja AS Pengaruhi Dolar AS Dan Pasar?

Data Non-Farm Payrolls (NFP) yang akan dirilis pada Jumat pekan ini, akan menjadi fokus pasar. Analis memperkirakan laporan tersebut akan menunjukkan peningkatan..Sementara itu data ADP sektor swasta pada hari Rabu justru menunjukkan kenaikan hanya sebesar 89.000 lapangan kerja,

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera