Bank Sentral di Persimpangan Jalan: Melawan Inflasi vs. Mendukung Ekonomi

Bank Sentral di Persimpangan Jalan: Melawan Inflasi vs. Mendukung Ekonomi

Diperbarui • 2022-01-24

Bank sentral utama akan menempuh jalan yang berbeda pada tahun 2022. Beberapa bank sentral menanggapi ancaman inflasi, sementara yang lain akan terus berfokus pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pemulihan dari pandemi.

Pembuat kebijakan akan memasuki tahun baru dengan langkah yang hati-hati. Bertindak cepat untuk mengendalikan harga dapat membunuh pertumbuhan ekonomi, terutama jika inflasi mereda dengan sendirinya. Di sisi lain, menunggu lebih lama untuk mengamankan pemulihan dapat mempercepat inflasi, serta akan membutuhkan tindakan yang lebih kuat dan lebih parah di kemudian hari.

Federal Reserve

Fed telah memilih untuk menanggapi inflasi, karena sudah tidak dapat lagi disebut "transisi", dan akan melakukan pengetatan.

Ketua Fed, Jerome Powell, akan mulai menaikkan suku bunga sesegera mungkin, pada pertemuan bulan Maret. Ekonomi AS menghadapi tingkat inflasi tertinggi dalam hampir 40 tahun.

Bank sentral AS bergerak cepat untuk menarik stimulus dari pasar. Dengan pemulihan ekonomi dan menjadi kuat, Fed meningkatkan rencananya untuk mengurangi pembelian obligasi dari $15 miliar per bulan menjadi $30 miliar per bulan, setelah melihat bahwa berlanjutnya stimulus mendorong kenaikan inflasi.

Pada tingkat ini, Fed akan mengakhiri program pembelian obligasi pada bulan Maret. Pejabat Fed akan menaikkan suku bunga seperempat poin sebanyak tiga kali selama tahun 2022, inflasi dan tingkat pengangguran diperkirakan turun sekitar 3,5% pada akhir tahun.

Bank of England

Inggris menjadi ekonomi pertama di G7, yang telah menaikkan suku bunga sejak awal COVID-19, bahkan sebelum Fed.

Bank of England telah menaikkan suku bunga menjadi 0,25% dari 0,1% karena inflasi diperkirakan akan melonjak menjadi 6% pada bulan April, tiga kali lipat dari target mereka.

Trader bertaruh bahwa BoE akan melakukan serangkaian kenaikan suku bunga, yang paling tajam dalam tiga dekade. Mereka memperkirakan BoE akan menaikkan suku bunga menjadi 0,5% pada pertemuan Februari mendatang. Pasar percaya bahwa suku bunga acuan akan mencapai 1% pada bulan November.

Bank Sentral Eropa

Sementara Fed dan BoE harus melakukan pengetatan, ECB lebih memilih untuk melanjutkan stimulus.

ECB telah mengumumkan rencananya untuk meningkatkan pembelian obligasi dan memberikan lebih banyak stimulus serta likuiditas untuk perekonomian. Negara-negara di zona euro sedang menunggu stimulus karena banyak yang mengalami lockdown parah karena penyebaran omicron. Namun, rencana ECB termasuk mengurangi pembelian obligasi pada bulan Maret.

Sementara inflasi telah mendorong Fed dan BoE untuk mengubah kebijakan, Christine Lagarde selaku Presiden ECB mengatakan bahwa pandemi kembali mengakibatkan pengurangan pengeluaran di zona euro dan mengancam pertumbuhan.

ECB telah mengesampingkan kenaikan suku bunga selama tahun 2022. ECB telah mengonfirmasi bahwa mereka akan mengambil sikap yang sangat santai mengenai inflasi. ECB juga mengindikasikan bahwa mereka tidak terburu-buru untuk mengakhiri pelonggaran kebijakan.

Bank of Japan

Bank of Japan belum akan melakukan pengetatan dan menaikkan suku bunga, karena tidak melihat inflasi.

Jepang tidak memiliki jenis permintaan produk dan barang yang sama dengan negara lain. Pekerja Jepang tidak melihat kenaikan upah seperti pekerja AS. Di Jepang, sulit untuk berganti pekerjaan, jadi ada sedikit tekanan untuk menaikkan upah untuk menarik pekerja atau mempertahankan bakat yang terampil. Akibatnya, inflasi di Jepang masih rendah. Perusahaan yang menaikkan harga cenderung kehilangan pelanggan dengan cepat.

BoJ akan mengurangi pembelian utang pada akhir Maret dan akan mengambil langkah bertahap untuk mengurangi dukungan pandemi. Jepang diperkirakan akan mengurangi stimulus ekonomi dengan kecepatan yang jauh lebih lambat daripada negara lain.

Pada tahun 2022, Bank of Japan akan beralih secara bertahap dari dukungan pandemi ke upaya untuk meningkatkan inflasi menjadi 2%, yang hampir tidak stabil di atas 0%.

People's Bank of China

Adapun Tiongkok, kami memperkirakan akan menurunkan suku bunga tahun ini sambil mencoba meredam perlambatan ekonomi di negaranya.

Pada tahun 2022, pemisahan besar antara Washington dan Beijing akan mencapai puncaknya, setelah sektor perdagangan, keuangan, dan teknologi sudah terpukul. Bank sentral akan berjalan berlawanan arah, dengan Fed memulai siklus pengetatan, sementara People's Bank of China (PBOC) akan mulai memompa stimulus.

Akhirnya, dunia ekonomi dibagi menjadi wilayah terpisah yang dipimpin oleh bank sentral utama dan kebijakan mereka yang saling bertentangan tahun ini. Ini adalah dinamika baru untuk pasar dan ketidakpastian di mana mereka tidak tahu bagaimana bergerak. Secara umum, suku bunga yang lebih tinggi akan berdampak baik untuk mata uang, sedangkan stimulus akan berdampak buruk. Akibatnya, USD mungkin menjadi mata uang terkuat tahun ini.

Menyerupai

Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis
Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis

Yen Jepang kembali mencatat penurunan untuk hari ketiga berturut-turut di hari Rabu (27/03/2024), menyusul ketidakpastian mengenai langkah kebijakan ..Di sisi lain, indeks dolar AS, yang saat ini terus mendapat dukungan dari prospek ekonomi AS yang optimis

Berita terbaru

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari
USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari

USDCAD terlihat berusaha keras mempertahankan momentum bullish pada hari Kamis (28/03/2024),..Pasar akan berfokus pada data PDB Kanada yang dirilis malam ini pukul 19.30 WIB.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera