China Mulai Beraksi Terhadap Perang Dagang

China Mulai Beraksi Terhadap Perang Dagang

Diperbarui • 2019-11-11

Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, dan kami menulisnya di dalam artikel Analisa Fundamental FBS tanggal 5 april 2018. Strategi Tit – For – Tat sudah mulai diterapkan oleh China, dimana saat Washington mengingkari kesepakatan, maka China akan membalasnya. Ini tentunya hanya suatu strategi dimana jangan pernah melakukan pengkhianatan jika rekan bisnis anda tidak melakukannya, dan jika sampai ada yang berkhianat maka kita akan membalas keras dan setelah itu maafkan. Itu adalah strategi Tit for Tat yang biasa dilakukan agar rekan bisnis atau rekan kerja kita dapat mempunyai persahabatan yang panjang.

Setelah Administrasi Trump berencana menaikan tariff tambahan atas product China yang masuk ke Amerika, maka China langsung melakukan pembalasan, berupa kenaikan tariff untuk batu bara dari Amerika. Cerita berawal dari kesepakatan kedua negara dimana delegasi China dan Amerika bertemu di Washington – Bejing selama 3 kali. Keduanya sama sama sepakat untuk memperkecil selisih neraca perdagangan kedua negara, untuk itu China berinisiatif membeli lebih banyak product dari Amerika termasuk batu bara. Secara logika maka harga batu bara produksi Amerika akan jauh lebih mahal dibandingkan harga batu bara dari Australia atau Indonesia, selain itu mempunyai jangka waktu yang lama, karena jarak tempuh yang jauh. Untuk menunjukan niat baik bahwa China akan menghindari terjadinya perang dagang, maka pembelian batu bara dari Amerika di lakukan oleh China

 us cargo to china.png

Tetapi karena Trump berencana menambah kenaikan tariff yang baru, maka pemerintah China langsung menaikan tariff produk dari Amerika, termasuk batu bara yang sedang dalam perjalanan menuju negara tirai bambu tersebut. Sebanyak 390.000 ton batu bara dikirim dari Amerika lewat 3 kapal , harus menanggung kenaikan tariff yang ditetapkan sepihak oleh pemerintah China dan tentunya ini sangat memberatkan para pemilik cargo.

AUSTRALIA

Perlu diketahui,  apabila perang dagang terjadi maka tidak ada negara yang diuntungkan karena saat ini semua negara sudah terkoneksi satu dengan lainnya. Apabila ada satu negara besar terkena resesi maka negara lain akan terkena imbasnya, termasuk Australia tentunya. Karena Aussie sangat bergantung kegiatan bisnis di China maka kedepannya AUDUSD dapat melemah. Disamping itu Macquarie Bank mengatakan bahwa RBA dapat menaikan suku bunga di tahun 2020, dan ini merupakan pandangan yang dovish bagi Aussie.

Target awal penurunan AUDUSD ada di level 0,7330 an dan maksimal  penurunan 0.7230 an. Resiko koreksi maksimal ada dilevel 0.7560 an.

audusd 22 juni.png

Menyerupai

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera