Faktor Apa Yang Mempengaruhi Penurunan USD?

Faktor Apa Yang Mempengaruhi Penurunan USD?

Diperbarui • 2023-06-21

Pekan ini, dolar AS mencatatkan penguatan yang mencerminkan posisi pasar saat ini berfokus pada testimoni setengah tahunan Ketua Federal Reserve (Fed) Jerome Powell. Juga di tengah harapan kenaikan suku bunga lebih lanjut, terutama ketika para pembuat kebijakan Fed mendukung suku bunga yang lebih tinggi.

Dolar AS sejauh ini masih melanjutkan kenaikannya, setelah masalah batas utang AS yang telah disetujui hingga Federal Reserve yang mengisyaratkan kemungkinan kenaikan suku bunga lebih tinggi untuk mengatasi inflasi.

Namun, bukan tidak mungkin dolar AS kembali melemah. Penurunan dolar AS dapat terjadi jika dipengaruhi oleh beberapa faktor fundamental, sebut saja Kebijakan Moneter. Kebijakan moneter melalui keputusan Federal Reserve AS (Fed) memainkan peran penting dalam membentuk nilai tukar dolar AS.

Ketika The Fed mengimplementasikan langkah-langkah yang mengindikasikan penurunan suku bunga atau pelonggaran kuantitatif, hal ini memberi tekanan pada dolar AS. Inilah alasannya mengapa setiap kali the Fed menerapkan suku bunga yang lebih tinggi untuk memerangi inflasi, dolar AS akan semakin menguat. Jika pada pengumuman Fed minutes di Juli mendatang, The Fed tidak mengindikasikan sikap hawkish-nya terkait kebijakan suku bunga, maka dapat dipastikan dolar AS akan kembali melemah.

Namun, apa yang membuat The Fed memutuskan untuk menaikkan suku bunga? Indikator-indikator ekonomi seperti pertumbuhan PDB, data ketenagakerjaan, data inflasi produsen dan konsumen, serta sentimen konsumen yang mempengaruhi keputusan Bank Sentral AS tersebut. Penurunan angka tenaga kerja AS mampu memberikan pertimbangan kepada Fed untuk menghentikan siklus kenaikan suku bunganya. Sehingga berdampak pada penurunan dolar AS.

Data Tingkat Pengangguran AS.png

 

Selain faktor data ekonomi, yield obligasi yang banyak dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga bank sentral, juga berdampak pada pergerakan dolar AS. Ketika The Fed menahan suku bunga acuan, atau terindikasi akan memangkas suku bunganya, dapat dipastikan suku bunga lainnya juga akan tertahan atau mengalami penurnan yang berimbas pada turunnya pada imbal hasil (yield) obligasi AS. Dampaknya, dolar AS akan mencatat penurunan.

Analisa GBPUSD

GBPUSDH4.png

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera