Rate Hikes and Trade War

Rate Hikes and Trade War

Diperbarui • 2019-11-11

Kenaikan suku bunga oleh The Fed hampir sudah dapat dipastikan pada tanggal 14 Juni 2018, dini hari  pukul 01.00 wib. Dengan data tenaga kerja Amerika terbaiknya dalam 1 dekade terakhir, tentunya ini membuat para pelaku pasar yakin bahwa Bank Sentral Amerika akan menaikan suku bunga nya untuk ke 2 kali, pada tahun ini. Tingkat netral telah dicapai oleh The Fed saat ini, dan tentunya beban Jerome Powell akan menjadi lebih berat karena tidak ada acuan konkrit dari petumbuhan ekonomi yang telah mencapai titik netral. Berbeda dengan pendahulunya Janet Yellen yang dapat mengikuti alur dengan memberlakukan kebijakan akomodatif guna mencapai target inflasi 2%. Kesalahan menempatkan kebijakan moneter the Fed saat ini akan membuat “ Krisis Baru” di Amerika.

Tingkat kesulitan Jerome Powell dalam mengemudikan keuangan dan moneter negaranya, menjadi bertambah disaat Presiden Trump membuat kebijakan fiscal yang memicu perang dagang. Saat ini perang dagang bukanlah sebagai wacana tetapi sudah menjadi realitas. China, Mexico, Canada, Uni Eropa dan Japan menjadi sasaran tembak kenaikan tariff baja dan alumunium Amerika, guna mengurangi deficit neraca perdagangan. Walaupun delegasi Amerika, sudah berulang kali mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan delegasi negara negara yang terkena dampak terhadap kebijakan tariff Amerika, tetapi setelah delegasi Amerika kembali ke negaranya, selalu dijawab oleh Trump dengan ketidakpuasan. Akumulasi ketidakpuasan Trump , proteksionis dan jatuh tempo perundingan, menghasilkan penetapan tariff 25% untuk baja dan 10% untuk alumunium bagi semua negara, termasuk sekutu dekatnya, Uni Eropa, Inggris bahkan Jepang.

Dengan melihat fenaomena diatas maka kebijakan moneter The Fed diprediksi tidak akan terlalu agresif kedepannya mengingat resiko perang dagang akan membebani laju tingkat inflasi global dan pada akhirnya akan membebani laju tingkat inflasi Amerika serta memperburuk pertumbuhan ekonomi kedepannya.

Ketidakpastian hanya akan membuat para pelaku pasar kembali melihat safe haven sebagai alat nilai lindung semua investasi mereka. Dari pair yang ada, maka emas merupakan salah satu pair yang dinilai paling strategis saat ini. Kesemua itu terlihat dari grafik harian yang selalu mempunyai harga closing dan open diatas $1290/ troyounce, sehingga kecenderungan kenaikan harga emas saat harga diatas level 1290 adalah sangat memungkinkan untuk beberapa waktu kedepan. Target awal emas adalah 1310 an – 1320 an dengan resiko penurunan dibawah 1290 adalah ke level 1278.

Emas

xauusd 6 juni.png

Menyerupai

Apakah Emas Akan Melanjutkan Kenaikan
Apakah Emas Akan Melanjutkan Kenaikan

Presiden Amerika Serikat Joe Biden kemarin mengumumkan bahwa pekerja federal diharuskan menggunakan masker didalam ruangan dan menunjukan status vaksin…

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera