Akankah minyak turun ke $60 atau naik ke $100 pada tahun 2022?

Akankah minyak turun ke $60 atau naik ke $100 pada tahun 2022?

Diperbarui • 2022-01-10

Memprediksi harga minyak adalah pekerjaan yang sulit. Hal itu menjadi semakin sulit karena COVID-19 dan variannya terus menunda rencana konsumen serta mengganggu keseimbangan antara permintaan dan pasokan minyak. Selain itu, pemerintah juga berupaya membongkar sistem energi global saat ini dan beralih ke energi bersih. Semua ini menempatkan harga minyak dan perusahaan energi di bawah nuansa ketidakpastian.

Kami memperkirakan harga minyak mentah akan turun dalam beberapa bulan mendatang, karena tampaknya pasokan akan melebihi permintaan, dan kita akan melihat surplus yang membalikkan keadaan. Namun, minyak akan tetap melanjutkan reli yang dimulai akhir tahun lalu pada tahun ini.

Harga minyak bisa didorong naik oleh potensi gagalnya kesepakatan nuklir Iran, ekspektasi kembalinya permintaan minyak yang lebih tinggi selama musim panas, dan ketidakmampuan OPEC+ untuk memompa jumlah pasokan yang disepakati karena melambatnya produksi.

Harga akan mulai stabil pada kuartal pertama tahun 2022. Menurut Badan Informasi Energi (EIA), harga rata-rata minyak mentah Brent akan menyentuh kisaran $70 per barel selama tahun 2022.

Prakiraan harga, pasokan dan permintaan minyak

Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan pasokan minyak global akan melebihi permintaan tahun ini.

Pasokan minyak dunia diperkirakan meningkat menjadi 6,4 juta barel per hari pada tahun 2022, dibandingkan pasokan 1,5 juta barel per hari pada tahun 2021. Menurut IEA, permintaan global akan meningkat menjadi 3,3 juta barel per hari pada tahun 2022, dibandingkan permintaan 5,4 juta barel per hari pada tahun 2021.

Menurut laporan badan tersebut, kuartal pertama 2022 mungkin melihat surplus 1,7 juta barel per hari dan tumbuh menjadi 2 juta barel per hari pada kuartal kedua 2022.

Surplus ini bisa mendorong harga minyak untuk sedikit stabil dan kembali ke level $70 per barel selama periode ini.

Akankah minyak kembali turun ke $60 per barel?

Harga minyak berisiko turun menjadi $60 dalam beberapa bulan mendatang karena permintaan yang melambat karena varian Omicron, dan pengaruhnya terhadap ekonomi, produksi, penerbangan, dan perjalanan. Skenario harga ini akan terjadi jika:

  1. OPEC+ memenuhi kewajiban produksi kolektifnya.
  2. Amerika Serikat mengambil kembali perannya sebagai produsen yang berpengaruh, dan minyak serpih AS kembali menguat.
  3. Ada terobosan dalam kesepakatan nuklir Iran dengan pihak Barat, dan minyak Iran kembali ke pasar pada tahun 2022.

Harga minyak bisa jatuh ke $60 per barel. Namun, hal ini akan menjadi peluang bagus untuk membeli minyak karena tren jangka panjangnya akan bullish. 

Mungkinkah minyak melonjak ke $100 per barel pada 2022?

Ketika ekonomi global dibuka kembali dari pandemi, permintaan minyak bisa melebihi pasokan global. Namun, prakiraan surplus pasokan pada kuartal pertama tahun 2022 akan sepenuhnya hilang, karena OPEC dan sekutu non-OPEC yang dipimpin oleh Rusia masih belum bisa memenuhi peningkatan produksi 400.000 barel per hari yang direncanakan setiap bulan.

Surplus pasokan akan berubah menjadi defisit pasokan, karena permintaan minyak meningkat seiring pemulihan ekonomi, dan musim mengemudi akan dimulai selama musim panas. Hal ini bisa mendorong harga minyak ke $85-$90 per barel selama tahun 2022. Selain itu, OPEC+ diperkirakan akan mempertahankan pasokan yang ketat, yang merupakan cara yang sangat bagus mendorong harga lebih tinggi.

Tidak adanya minyak Iran di pasar, selagi kita menunggu kemungkinan gagalnya kesepakatan nuklir Iran, bisa membuka pintu bagi minyak untuk menembus $100 per barel, terutama jika inflasi dan kenaikan biaya produksi mencapai sektor jasa minyak.

Kesimpulannya, kami memperkirakan minyak akan melanjutkan reli, tetapi akan sedikit tenang, dan harga akan berkisar di antara $73-$85 sepanjang tahun. Menurut keadaan, minyak akan mengalami beberapa volatilitas antara naik dan turun.

 MASUK

Menyerupai

XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh
XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh

Harga minyak mentah acuan AS West Texas Intermediate (WTI) masih dalam jalur melanjutkan kenaikan untuk hari ke tujuh secara beruntun, pada Rabu (14/02/2024). Menurut laporan pasar minyak bulanan OPEC, ada kekhawatiran mengenai kepatuhan kelompok ini terhadap pemangkasan produksi

Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi
Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi

Pasar saham Asia melemah pada perdagangan Selasa (30/01/2024), terseret oleh kasus likuidasi perusahaan raksasa properti China..Kegelisahan investor terhadap meningkatnya ketegangan di Timur Tengah telah mengendalikan sentimen risiko.

Berita terbaru

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari
USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari

USDCAD terlihat berusaha keras mempertahankan momentum bullish pada hari Kamis (28/03/2024),..Pasar akan berfokus pada data PDB Kanada yang dirilis malam ini pukul 19.30 WIB.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera