Cara membaca neraca keuangan untuk trading saham

Cara membaca neraca keuangan untuk trading saham

Diperbarui • 2021-12-01

Jika Anda telah berinvestasi di beberapa saham atau ingin melakukannya, sangat penting untuk memahami cara membaca neraca. Setelah menguasai keterampilan ini, Anda akan dapat berinvestasi di saham bukan dengan intuisi tetapi secara profesional. Anda akan tahu bagaimana mengetahui nilai sebenarnya perusahaan dan memprediksi potensinya.

Neraca dan Laporan Keuangan Lainnya

Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang neraca, tetapi perlu diketahui bahwa itu hanya salah satu dari tiga laporan keuangan inti yang mencakup laporan laba rugi dan laporan arus kas. Semuanya menyajikan catatan tertulis yang mengungkapkan kinerja keuangan suatu perusahaan.

Bagaimana Cara Kerja Neraca

Neraca keuangan memberi tahu segalanya. Neraca keuangan dapat memberi tahu Anda apakah perusahaan memiliki cukup uang untuk berinvestasi dalam pengembangan, akan terus tumbuh atau banyak hutang. Secara keseluruhan, neraca adalah catatan yang mengungkap aset perusahaan (yang sudah dimiliki) dan kewajiban (yang menjadi utang kepada pihak lain). Ini disebut neraca karena setiap sisi harus sama dengan yang lain. Aset setara dengan kewajiban ditambah ekuitas pemegang saham. Dengan kata lain, aset apa pun yang tidak digunakan untuk melunasi kewajiban adalah milik pemegang saham.

Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemegang Saham

Bagian Utama Neraca

Aset

Umumnya, Anda akan melihat aset di awal neraca. Mereka biasanya dibagi menjadi aset lancar dan tidak lancar. Apa bedanya? Aset lancar dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu satu tahun, sedangkan aset tidak lancar dianggap sebagai aset jangka panjang yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menentukan nilai penuhnya. Misalnya, aset lancar dapat terdiri dari piutang (uang yang belum dibayar oleh pelanggan), inventaris, surat berharga, dan biaya yang dibayar di muka. Aset tidak lancar biasanya mencakup hal-hal seperti tanah, kekayaan intelektual, dan paten.

Kewajiban

Kewajiban biasanya ditempatkan setelah aset. Seperti aset, mereka dapat dibagi menjadi kewajiban lancar dan tidak lancar dengan konsep yang sama. Contoh kewajiban lancar termasuk sewa, pajak, dan upah, sedangkan kewajiban tidak lancar mencakup pinjaman jangka panjang dan sewa modal.

Ekuitas

Ekuitas pada dasarnya adalah nilai sisa setelah aset dikurangi kewajiban. Ekuitas biasanya mencakup kepemilikan saham dalam perusahaan dan laba ditahan (penghasilan yang tersisa setelah perusahaan membayar dividen).

Di mana saya dapat menemukan neraca keuangan?

1. Securities and Exchange Commission (SEC) dan situs web EDGAR menawarkan semua informasi tentang neraca. Temukan perusahaan yang Anda minati.

  1.png

2. Buka laporan tahunan 10-K.

  2.png

3. Temukan bagian bernama ‘Neraca Konsolidasi.’

  33.png

Anda akan melihat sesuatu yang mirip dengan gambar di bawah ini.

3.png

Sumber: www.sec.gov

Bagaimana Cara Membaca Neraca?

Neraca keuangan menampilkan periode (biasanya satu tahun) secara vertikal di samping satu sama lain. Ini memungkinkan investor untuk membandingkan periode yang berbeda dengan mudah serta menilai kondisi keuangan dan kinerja operasi perusahaan.

Misalnya, neraca Netflix untuk 31 Desember 2020 mencantumkan aset sebesar $39,28 juta. Pada tahun 2019, tercatat $33,98 juta aset sehingga mereka memperoleh aset $5 juta selama periode 2020.

4.png

Kewajiban (utang) Netflix meningkat menjadi $28,2 juta, naik dari $26,4 juta pada tahun 2019.

5.png

Setelah analisis singkat ini, seorang investor dapat melihat bahwa Netflix memiliki total aset lancar sebesar $9,76 juta dan total kewajiban lancar sebesar $7,8 juta. Dengan demikian, perusahaan memiliki lebih dari cukup untuk melunasi utang jangka pendeknya.

Jika kita membagi aset lancar dengan kewajiban lancar, kita akan mendapatkan rasio lancar. Penghitungan ini menguji risiko keuangan jangka pendek perusahaan. Netflix memiliki rasio lancar 1,25. Beberapa perusahaan memiliki rasio lancar yang lebih tinggi dan lebih rendah tergantung pada struktur keuangan mereka. Secara umum, aset dan utang perusahaan harus memiliki rasio lancar di atas 1 untuk tetap bertahan.

Rasio Penting Lainnya

Rasio cepat: (aset lancar - inventaris) ÷ kewajiban lancar

Rasio utang terhadap ekuitas: total kewajiban ÷ total ekuitas pemegang saham

Rasio modal kerja: aset lancar - kewajiban lancar

Kekayaan bersih: total aset - total kewajiban

Bagaimana pendapatan masuk ke dalam neraca keuangan?

Anda dapat melihat "Laba Ditahan" pada bagian ekuitas di bagian bawah neraca keuangan. Ini adalah hal yang penting untuk diperiksa bagi investor. Ketika perusahaan tertentu menghasilkan sejumlah modal, mereka dapat memilih untuk membayarkan uang ini kepada pemegang saham sebagai dividen atau menyimpan uang ini untuk diinvestasikan kembali dalam bisnisnya. Jadi, laba ditahan adalah laba historis, dikurangi dividen yang dibayarkan oleh perusahaan pada masa lalu.

Neraca Lemah

Untuk mengetahui bahwa perusahaan memiliki neraca yang lemah, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Ketika sebuah perusahaan sedang kesusahan, neraca akan mengungkapkan beberapa masalah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Laba ditahan negatif atau defisit

Laba ditahan menunjukkan berapa banyak yang diperoleh perusahaan, dikurangi dividen. Ini juga disebut surplus pendapatan karena merupakan modal cadangan, yang dapat digunakan perusahaan untuk investasi kembali ke dalam bisnis. Misalnya, Netflix memiliki laba ditahan yang positif.

6.png

  • Ekuitas negatif

Jika defisit laba ditahan melebihi jumlah modal yang dimiliki perusahaan, itu merupakan pertanda buruk.

  • Rasio lancar rendah

Jika kita membagi aset lancar dengan kewajiban lancar, kita akan mendapatkan rasio lancar. Ketika rasionya lebih rendah dari 1, itu dianggap rendah.

Neraca Kuat

Rasio lancar yang tinggi menandakan neraca yang kuat. Berikut adalah beberapa hal yang menandakan bahwa neraca itu baik.

  • Uang tunai dan investasi jangka pendek

Aspek terpenting dari sebuah perusahaan yang kuat adalah jumlah uang tunai dan investasi jangka pendek. Ini tidak hanya memastikan kewajiban lancar tetapi juga memungkinkan perusahaan untuk membagikan keuntungan kepada pemegang sahamnya.

  • Utang jangka panjang rendah

Hipotek adalah salah satu mimpi buruk terburuk bagi kebanyakan orang, dan mereka ingin melunasinya secepat mungkin. Perusahaan juga sama. Utang jangka panjang adalah uang yang dipinjam perusahaan dan harus dibayar kembali dalam waktu lebih dari satu tahun. Terkadang, periodenya bisa mencapai 30 tahun!

Perusahaan dengan utang jangka panjang rendah atau nol bisa menjadi pilihan bagus untuk berinvestasi. Contohnya adalah PayPal dan Facebook.

  • Aset tidak berwujud

"Aset tidak berwujud" menunjukkan kekayaan intelektual nonfisik dan hak yang dimiliki perusahaan. Aset ini umumnya tidak memerlukan biaya tambahan selain biaya pengembangan awal. Namun, potensi untuk memonetisasi aset tersebut sangat besar! Contoh bagus dari aset tidak berwujud adalah nama merek seperti Coca-Cola atau logo seperti Ralph Lauren. Mereka dapat membantu menjual produk mereka sendiri karena sudah sangat dikenal.

Neraca 'Berjalan'

Perusahaan dengan neraca yang kuat sangat bagus untuk diinvestasikan, tetapi biasanya perusahaan ini adalah raksasa pasar yang tidak menunjukkan pertumbuhan pesat seperti yang dilakukan beberapa perusahaan ‘baru’ karena hampir tidak mungkin untuk melaju dengan kecepatan tinggi secara konstan. Dengan demikian, investor cerdas mencari perusahaan yang berusaha untuk meningkatkan status keuangannya. Bagaimana cara menemukan mereka? Mudah! Perusahaan-perusahaan ini mengurangi utang mereka dari tahun ke tahun serta mengakumulasi kas dan aset lain dari waktu ke waktu. Mereka memiliki apa yang disebut neraca "berjalan".

Rangkuman

Setelah membaca artikel ini, Anda dapat membaca neraca dengan mudah dan mengetahui apakah perusahaan memiliki potensi untuk berkembang atau tidak. Ini dapat membantu Anda membangun portofolio investasi yang bagus!

Belum tahu cara trading saham? Mudah, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi FBS Trader atau MetaTrader 5. FBS memungkinkan Anda untuk trading saham hanya pada perangkat lunak ini.
  2. Buka akun di FBS Trader atau akun MT5 di personal area Anda.
  3. Mulai trading!

Menyerupai

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara mengaktifkan Bonus Naik Level?

    Buka akun Bonus Naik Level di Personal Area web atau aplikasi FBS Anda, dan dapatkan hingga $140 gratis langsung ke akun Anda.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Lakukan upaya yang terbaik

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Buku Forex Pemula

Beginner Forex Book akan memandu Anda mengarungi dunia trading.

Buku Forex Pemula

Hal yang sangat penting untuk memulai trading
Masukkan e-mail Anda, dan kami akan mengirimkan buku panduan Forex gratis

Terima kasih!

Kami telah mengirim email tautan khusus ke e-mail Anda.
Klik link untuk mengkonfirmasi alamat Anda dan dapatkan panduan Forex untuk pemula secara gratis.

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera